Ekbis

Wisata Petik Buah Apel India dengan Bumbu Rujak di Desa Baluk

 Kamis, 26 Mei 2022, 16:25 WITA

beritabali/ist/Wisata Petik Buah Apel India dengan Bumbu Rujak di Desa Baluk.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritajembrana.com, Negara. 

Sensasi wisata petik buah apel menjadi pengalaman sensasi tersendiri, terlebih di Bali belum ada atau hanya ada di luar Pulau Dewata. Petani dari Desa Baluk, Jembrana mencoba menanam apel jenis India dengan metode tumpang sari di tanaman bidara. 

Agrowisata petik apel India atau dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini, tentu mengasyikkan saat berlibur. Petani kebun Apel India I Kadek Marsona (43) asal Banjar Rening, Desa Rening, Kecamatan Negara, Kebupaten Jembrana mengatakan, keunggulan apel jenis Apel India (Ziziphus mauritiana) bisa tumbuh di daerah tropis. 

Ditanam di lahan seluas 27 are dengan pemandangan tengah sawah. Uniknya, hasil panen bisa langsung COD (Call Of Delivery) dengan harga per kilo Rp25 ribu namun hanya berlaku khusus kota Negara saja. 

"Gagasan ini sudah berdiri 4 tahun dengan sistem tanam sambung sisip atau jenis tumpang sari, di bawahnya pohon bidara pada batang dan atas apel India. Tanpa menggunakan pestisida, masa panen dari tumbuh bunga 4 bulan baru bisa berbuah. 
Dan ini perlu perawatan dengan sistem buah dibungkus biar tidak rontak. Sebelumnya lahannya ditanam buah naga," jelasnya. 


Halaman :