About Jembrana

Tradisi Mesunat di Desa Pengambengan, Perpaduan Bali-Bugis

 Selasa, 14 September 2021, 22:10 WITA

beritabali/ist/Menengok tradisi

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritajembrana.com, Negara. 

Salah satu tradisi yang berada di Bali Barat masih, yang tidak bisa lekang oleh waktu untuk mempertahankan kearifan lokal turun temurun dari generasi ke generasi yaitu budaya khitanan. Dimana masyarakat Bali Barat di Desa Pengambengan masih memegang teguh tradisi ini.

Tradisi dari turun temurun tersebut dikuatkan oleh Pak Ali tokoh tua mengatakan, khitan atau bahasa kampung yang biasa disebutkan dengan kata "mesunat" ternyata mempunyai akar nilai budaya adat yang sangat lestari. Dengan sajian khas budaya Bali. 

"Saat anak di khitan (mesunat) disitu ada nilai religius yang terpapar. Orang tua yang akan  mengkhitanan anaknya harus menentukan hari baik. Bahkan secara garis turun tetap meminta ijin kepada Puri Jembrana, bahkan di hari H segala upakarapun harus disiapkan," ungkap Pak Ali.

"Mulai dari upah-upah lengkap seperti ada nasi kepal, telur rebus, air, sayur kelor, dan sayur terong yang kecil-kecil berbentuk bulat. Sajian ini di taruh dalam bentuk daun yang tekorkan. Tidak hanya itu budaya kental Bugis disatukan dalam sajian tersebut," imbuh Pak Ali. 

Pak Ali menambahkan, nasi 5 warna terdiri hijau, hitam, putih, merah, kuning ini di bentuk kerucut, ada pula pelita kambang, ada kain warna 5 sama dengan nasi. Payung Bugis dan udeng Bugis serta keris di letakkan dalam satu talam, ditambah bambu gesing yang di belah menjadi 5 kemudian di colok. 

Pernik budaya Bali dan Bugis inilah yang ternyata tak pernah hilang. Adat ini selalu dilakukan masyarakat pesisir Desa Pengambengan. 

Setelah acara khitanan (mesunat) semua upakara ini di buang di laut sebagai rasa syukur, karena laut tempat bagi para leluhur di keturunan adat Bugis. Jika ini diamati tentu hal sama yang dilakukan nyame Bali. Sesaji ini tentu hal yang sakral dilakukan. 

Kelestarian adat budaya ini tetap harmoni bahkan tak pernah ada pertentangan bagi nyame Selam dan nyame Hindu. Semua berjalan dengan ajeg tanpa perselisihan dimana nilai saling hormat-menghormati tak hanya isapan kata-kata saja.

Penulis : Jimmy

Editor : Robby Patriana







Hasil Polling Calon Bupati Jembrana 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022



Hasil Polling Calon DPRD Provinsi Bali Dapil Jembrana 2024


Trending Terhangat

Beritabali.TV