Hiburan

Tarian Mecangak-Cangakan Jembrana Bius Ribuan Penonton

 Sabtu, 25 Juni 2022, 12:15 WITA

beritabali/ist/Tarian Mecangak-Cangakan Jembrana Bius Ribuan Penonton.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritajembrana.com, Jembrana. 

Sekaa Gong Kebyar anak-anak Yowana Srawa Asmara Lawa Desa Manistutu, Kecamatan Melaya Jembrana, sukses memukau penonton pada ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 di Panggung Ardha Candra Art Center Denpasar, Jumat (24/6/2022) malam. 



Tampil di hadapan Gubernur Bali Wayan Koster, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra serta pasangan Bupati dan Wakil Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama I Gede Ngurah Patriana Krisna, tampil percaya diri membawakan tiga tetabuhan. Masing masing tabuh Kreasi Pepanggulan “Blabur Kapat”, Tari Kreasi Kekebyaran  “Jeram”. Serta penampilan yang paling ditunggu tunggu penonton, penampilan Dolanan “Mecangak-cangakan”.

Berbeda dengan penyelenggaran sebelumnya, penyelenggaraan tahun ini penampilan gong kebyar tidak digelar dengan  sistem mebarung bersama kabupaten lainnya. Seluruh penampilan merupakan berasal dari duta Jembrana. Selain gong kebyar anak, ikut tampil Gong Kebyar Dewasa Sanggar Seni Sana Sini dari Desa Pergung Mendoyo, serta Gong Kebyar Wanita Once Srawa, dari Desa Penyaringan Mendoyo.

Tari dolanan mecangak cangakan menjadi andalan dan mendapat sambutan meriah penonton. Dolanan ini mengangkat permainan tradisional yang sudah sangat jarang dimainkan anak anak generasi sekarang. Hal ini menjadi pertanyaan, apakah permainan tradisional itu kurang menarik dan kalah bersaing dengan kemajuan teknologi. Karena itu, dolanan ini mencoba memunculkan kembali romantisme akan permainan tradisional anak anak.


Halaman :