Persona

Sosok Nur Yasin, Guru Pengabdi bagi Generasi Penerus Bangsa

 Selasa, 28 Juni 2022, 17:50 WITA

beritabali/ist/Sosok Nur Yasin, Guru Pengabdi bagi Generasi Penerus Bangsa.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritajembrana.com, Negara. 

Pendidikan merupakan salah satu bidang penting dan membutuhkan banyak perhatian. Mengingat lewat pendidikan seorang anak bisa mengenal dunia dan melahirkan generasi penerus bangsa. 



Hal inilah yang menginspirasi Nur Yasin S.Pd untuk menjadi sosok guru di SDN 2 Pengambengan. Ia kerap mendampingi muridnya dari lomba pidato putri hingga tingkat nasional dalam ajang Lomba Pentas PAI (Pendidikan Agama Islam) tahun 2019 dan finalis putri lomba baca puisi tingkat nasional dalam ajang Festival Literasi Sekolah tahun 2019. 

"Membina dan melatih siswa siswi ikut lomba baca puisi yang diselenggarakan Komunitas Kertas Budaya serta siswi ikut ajang prestasi bercerita tingkat provinsi. Bahkan juga olimpiade Sains Nasional tingkat tingkat provinsi perwakilan kabupaten Jembrana tahun 2017," bangganya. 

Selain sebagai sosok guru, di luar jam sekolah ia juga penggiat literasi dan juga senang melukis. Menurutnya, banyak bibit anak-anak yang punya potensi tapi perlu pengembangan serta dukungan orang tua. Jadi, kata dia, selain pembelajaran di sekolah, edukasi orang tua di rumah lebih diutamakan. 

{bbaseparator}

Nur Yasin saat ini aktif sebagai Ketua 2 Kelompok Kerja Guru atau KKG Kabupaten Jembrana dan wali kelas 5 SDN 2 Pengambengan. Ia mengaku sudah mengajar sebagai guru selama 13 tahun. Baginya, guru merupakan inspirasi dan penuh pengabdian pada negara. 

"Sebenarnya ingin jadi pelukis atau kartunis awalnya. Jika berhitung suka duka maka itu pupus sebagai abdi negara, karena dunia pendidikan adalah jendelanya dunia," ungkapnya pria yang juga beristri seorang pendidik ini. 

Meski disibukkan dengan pekerjannya, ia tetap bisa mendampingi anak-anaknya yakni 2 laki-laki dan 1 perempuan yang masih kecil.

Penulis : Jimmy

Editor : Robby Patriana