Kuliner

Mengenal Jenang Dodol, Jajan Khas Muslim Melaya untuk Hajatan

 Sabtu, 19 Februari 2022, 15:25 WITA

beritabali/ist/Mengenal Jenang Dodol, Jajan Khas Muslim Melaya untuk Hajatan.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritajembrana.com, Melaya. 

Harti (50), warga Banjar Pangkung Tanah Kauh Desa Melaya Jembrana, yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dan penjual makanan siap saji yang dititipkan di warung tetangga juga mengolah panganan jenang dodol. 

Selain melayani masak saat ada warga menggelar upacara adat atau upacara agama, Harti sering dimintai tolong masak oleh warga Melaya sekitar tempat tinggalnya. Berbagai macam masakan disuguhkan kepada para undangan. Salah satunya adalah jenang gulo. 

Harti menuturkan, mengolah pembuatan kue jenang dodol bahan dasar utama yang digunakan adalah buah kelapa, gula merah dan ketan super. Kemudian adonan dicampur dan diolah menggunakan bara api panas dengan bahan kompor alami dan bahan kayu bakar. 

"Olahan jenang dodol ini membutuhkan tenaga pria dimana prosesnya cukup lumayan lama setelah bahan-bahan sudah lengkap nanti waktu mengaduk," ujarnya.

Harti menambahkan, jenang dodol ini sudah menjadi tradisi turun temurun di setiap acara hajatan khususnya warga Muslim Desa Melaya, dan proses pengolahan yang cukup lumayan lama dan harus terus diaduk sampai rata dan kalis hingga 5-6 jam.

"Untuk acara hari ini kita membuat kue jenang dodol di dua tempat, adonannnya sebanyak 35 kg secara keseluruhan," katanya.

Terkait honor yang diterimanya dalam pengolahan jenang dodol, ia tidak menarget. Namun umumnya ia dibayar 200 ribu, kadang bisa lebih.

"Namanya bergotong-royong yang sifatnya saling membantu di dalam bermasyarakat," pungkasnya.

Penulis : Jimmy

Editor : Robby Patriana







Hasil Polling Calon Bupati Jembrana 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022



Hasil Polling Calon DPRD Provinsi Bali Dapil Jembrana 2024


Trending Terhangat

Beritabali.TV