News

Begini Perayaan Waisak di Vihara Vajra Bodhi Dharma Jembrana

 Senin, 16 Mei 2022, 20:50 WITA

beritabali/ist/Begini Perayaan Waisak di Vihara Vajra Bodhi Dharma Jembrana.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritajembrana.com, Jembrana. 

Perayaan Waisak Tahun ini di Jembrana bisa diselenggarakan dengan penuh khidmat di Vihara Vajra Bodhi Dharma Lingkungan Satria, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana.



Waisak sendiri mempunyai makna penting yakni kelahiran Pangeran Sidharta Gautama, yang kedua pencapaian kesempurnaan dari pangeran Sidharta mencapai pencerahan dan yang ketiga Parinibanna yang artinya menyelesaikan perjalanan kehidupan di dunia.


Pandita atau Romo Abadi Merta Negara sebagai ketua Vihara yang didampingi Lina Maya Trisna mengatakan perayaan Waisak dilakukan puja bakti bersama di hadapan sang Budha dengan membaca Paritta (bacaan mantram suci atau doa-doa). Adapun sarana persembahan berupa dupa, air, bunga dan lilin.




"Untuk malam hari kemarin dikumpulkan anak-anak sekolah Minggu mereka semua menyanyikan lagu-lagu Buddhis. Ini dilakukan secara kekeluargaan dan tetap mentaati aturan pemerintah berupa prokes.

Dalam perayaan ini juga di tinjau langsung oleh Waka Polres Jembrana dan juga asisten Bupati yang mewakili Bupati Jembrana," katanya, Senin, (16/05/2022).

Romo Abadi Merta Negara juga mengungkapkan puja bakti merupakan detik-detik hari Tri Suci Waisak 2566 BE (Budha Era) yang berupa jalan kebijaksanaan menuju kebahagiaan sejati.


"Ini bertujuan dengan semboyan marilah kita mengaktualitaskan ajaran luhur sang Buddha dalam kehidupan sehari-hari, menuju pencerahan sempurna tiada batasnya," pungkasnya.

Penulis : Jimmy

Editor : Robby Patriana







Hasil Polling Calon Bupati Jembrana 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022



Hasil Polling Calon DPRD Provinsi Bali Dapil Jembrana 2024


Trending Terhangat

Beritabali.TV