Petani di Negara Tanam Bunga Gumitir, Begini Tipsnya - Beritajembrana.com

Ekbis

Petani di Negara Tanam Bunga Gumitir, Begini Tipsnya

Jumat, 12 November 2021 | 18:05 WITA
Petani di Negara Tanam Bunga Gumitir, Begini Tipsnya

beritabali/ist/Petani di Negara Tanam Bunga Gumitir, Begini Tipsnya.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritajembrana.com, Negara.
Ni Putu Iwansari, petani tanaman bunga gumitir di Lingkungan Lelatang Terusan, Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, Jembrana. 
Selain sebagai petani bunga gumitir atau biasa disebut Bunga Marigold (tegestes Erecta), ia juga menanam lombok, terong dan ketimun. 
Ni Putu Iwansari menjelaskan sistem penanamannya menggunakan media pupuk padi (poska dan set A) yang dilakukan jenis perabukan sedikit yakni dengan frekuensi seminggu hanya 1 kali. Ia menyebut masa panen yang bagus untuk bunga gumitir berjarak 50 hari. 
"Bunga gumitir ada yang mengambil baik dijual di pasar, di rumah bahkan ke pelanggan. Memanfaatkan pengairan irigasi sawah yang ada di sekitar pematang sawah. Luas petak sawah hanya 7 are bahkan sangat unik di utara, barat, timur, malah ditanam padi. Menanam gumitir ini kurang lebih 2 Minggu dan akan dicabut untuk diganti dengan pola tanam padi," jelasnya. 
Ia pun menambahkan, sebagai petani ikut juga dalam subak, hal ini tetap lestari di Bali. Untuk pupuk tetap membeli dan juga obat semprot sebagai sarana penghilang hama ulat. Yang perlu diperhatikan, menurutnya adalah setiap hari adalah menghilangkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman bunga tersebut.
Halaman :

TAGS : Berita Jembrana Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Jembrana Terkini Berita Jembrana Hari Ini Beritajembrana Informasi Jembrana


Beritajembrana.com - Media Online Jembrana Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Jembrana, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya